JUMPING STONE part 2

JUMPING STONE part 2


Gue dateng lagi ke lokasi resepsi pernikahannya Udin itu, malam-malam. Namun, kali ini. Gue berperan sebagai undangan yang tak diundang. Bukan, sebagai pemasang tenda yang tak berkutang. (Note: gue emang gak pernah make kutang!)
Suasana di resepsi nikahannya Udin tuh, rame banget. Gue heran, “Kok, temen SD dan SMP gue. Datengnya pada serempak sih?”

Selazimnya orang-orang yang diundang. Persinggahan pertama, pasti ngucapin selamat kepada pengantennya. Karna, gue pengen kayak orang. Gue pun bergegas menuju ke kelaminan, eh pelaminan.
“Selamat ya din..!! Akhirnya, kejombloan lu ilang juga!” sapa gue pas lagi salaman sama pengantennya.
“Makasih, run! Gue doain, semoga lu juga cepet ngelepas kejombloan lu. Gak Cuma di kamar mandi doank!” jawab Udin nepok bahu gue.
“Kampret..! Gue doain juga dah, semoga bini lu banyak-banyak bersabar!”
“Bersabar? Maksudnya?” Udin gak ngerti.
“Iya! Banyak-banyak bersabar, karena dapetin orang kayak lu!!” gue ngeloyor kabur

Selesai dari kelaminan, eh pelaminan. Pasti tujuan berikutnya itu… Makan.
Kata pepatah, gak ada gading yang gak retak. Gak ada juga undangan yang kagak makan. (perasaan gak nyambung dah!  #abaikan).
Dengan mata berbinar-binar, gue mempercepat langkah gue ke tujuan berikutnya. Belon sempet sampe ke tujuan. Tiba-tiba, punggung gue ditepok dari belakang.
“Apa kabar, nggi?” sapa suara di belakang gue.
Gue pun penasaran dengan suara yang terdengar familiar di telinga gue. Perlaha-lahan, gue mulai menengok ke arah sumber suara tersebut berasal. Saat itulah gue melihat pemandangan mengejutkan.
SEORANG BINARAGA BERGOYANG BANG CAESAR DIHADAPAN GUE..!!
Damn!

“Eh, lu Fit..!! Gue kira, tukang ngambilin piring!” kata gue, pas berhasil nemuin pemilik dari sumber suara tersebut.
“Terus aja, run!” tangan gue di cubit sama ntu orang.
“A…daw!! Sakit, fit..!” gue berusaha ngelepas cubitannya.
“Baru ketemuan aja, udah ngeselin!”, akhirnya dia ngelepas cubitannya, “Gimana kabar lu sekarang?”
“Yah, tadinya sih baek aja-aja. Sampe, gue ketemu lu!”
“Mau gue cubit lagi neh?” ancemnya.
“Kagak fit..! Ampun dah! Damai aja, yak?” gue ngangkat jari menunjuk angka dua.

Gue pun diajak ntu orang, ke tempat temen-temen gue yang lagi pada duduk-duduk.
Oh iya, temen gue yang tadi nyubit gue itu.. Namanya Fitri. Casingnya sih cewek! Tapi kadang-kadang, dia gak bisa jadi cowok. (Ya iya lah!). Makhluk berlainan jenis yang sudi bertemen sama gue, sejak gue SD. Ya..! Fitri emang temen SD gue. Dia rada-rada tomboy gitu. Dia tau, gimananya gue waktu kecil. Banyak kartu AS gue yang ada sama dia (Semoga gak disebarin ke temen-temen!).
Eh, pas udah gede. Agak beda gimanaaa, gitu! Sempet kaget juga gue ngeliatnya, “Ini temen gue, apa SPG motor Honda?”. Hihihi.  Padahal, kecilnya dia tuh. Macho banget..! Gue maen bola, dia ikutan. Gue maen layangan, dia ikutan. Gue maenin tai ayam, eh dia malah gak ikutan.
Hiks.

Setibanya gue di tempat temen-temen SD yang laen. Gue langsung menyapa mereka layaknya seorang fans yang baru ketemu sama idolanya. Gak jauh dari tempat ini. Gue juga ngeliat, banyak temen-temen SD dan SMP gue yang lagi pada duduk-duduk. Berasa kayak lagi reunian broo!!  Ternyata, ide-nya Udin buat bikin catatan kecil untuk temen-temen sekolah dulu. Berhasil juga!

Jadi, Udin tuh nyelipin kertas kecil di undangannya. Nah, di kertas kecil itu, dia nulis begini, “Sob..! Lu dateng ya, ke pernikahan gue! Kita sembari reunian di nikahan gue. Gue harap lu dateng sekitar jam 9 malem. Temen-temen yg laen juga udah gue kasih kayak beginian. Thanks atas perhatiannya!”
Bener-bener ide yang jitu.

Banyak temen-temen gue yang udah mulai meniti karier mereka. Ada yang masih kuliah. Ada yang jadi guru. Ada yang jadi programmer. Ada pula yang menjadi joki Three In One. (Ups!! yang ini gue bohong) Gue bener-bener kagum dan kangen sama temen-temen gue. Nostalgia yang tak dapat terhindarkan.

Si Fitri, temen SD yang tadi nyubit gue. Dia masih kuliah jurusan pariwisata di salah satu perguruan tinggi ternama di daerah Jogja. Keren kan!! Gue yakin, selepas dia lulus dari situ. Dia bakal bekarja di hotel-hotel besar di Indonesia. Atau, mungkin juga. Ia dapat melanglang buana sebagai Tour Guide dari para wisatawan.
Calon akamsasi. Anak kampung sana-sini.

Ada juga temen SD dan SMP gue, yang namanya Unggul. Dia udah jadi programmer yang cukup handal. Keahlian utamanya adalah web design. Banyak proyek-proyek pembuatan web yang lagi di garapnya. Jangan ditanya kalo soal gaji? Kata dia, satu proyek yang digarapnya aja, bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Sembari ngerjain proyek, dia juga kuliah malam dan bekerja sebagai operator di perusahaan telekomunikasi Indonesia.
Amazing..!! kalah jauh, gue..!

Temen-temen gue bener-bener udah pada jadi orang semua. Gak kebayang pas masih sekolah, saat masih cupu-cupunya dulu. Atau bisa juga dibilang, ayam-ayaman kehidupan.
Gue inget saat SD dulu. Sepulang sekolah, gue dan temen-temen langsung ngibrit ke empang buat ngobak (berenang).  Kalo udah rada sorean, langsung sepedaan bareng keliling kecamatan. Kalo lagi ada duit, kadang gue dan yang laen juga sering maen dingdong atau Time Zone di Ramayana. Atau pas lagi hari Kartini. Gue dan temen-temen, make baju adat. Plus bedak setebel 5 senti menempel di pipi.
Hahaha.

Ada juga, cerita pas gue diskors waktu SMP dulu. Gara-garanya sih,  gue dan temen-temen SMP gue, kepergok ngerokok di WC. Terus, disuruh buka baju dan dijemur dihalaman sekolah sampe bel pulang. Eh, ujung-ujungnya. Gue dan temen-temen gue malah diskors juga. Hahaha.
Masa SMP gue, emang surem banget dah! Dari yang namanya mulai berani madol sekolah, mulai ngerokok, kenal lawan jenis, make celana pensil, sampe nyoba-nyoba minuman yang rasanya pait banget.

Pengalaman-pengalaman masa kecil yang buruk. Dan, sulit buat dilupain. Tapi, gue terenyuh dan sadar. Berkat pengalaman-pengalaman seperti itulah. Akhirnya gue bisa menjadi gue yang sekarang ini.
Pengalaman memang benar-benar menjadi guru yang paling berharga.

***

Hari semakin malam. Suasana resepsi pernikahan Udin pun, mulai tak ramai lagi. Hanya tampak beberapa tetangga dan teman-teman yang masih bertahan. Gue ngelirik ke arah jam tangan. Ternyata udah jam sepuluh kurang.
“Pantes udah mulai sepi..!” gue ngomong sama jam tangan.
Tapi entah kenapa? Temen-temen sekolah gue dulu, malah baru pada dateng. Emang pada sengaja, datengnya dimalem-malemin? Apa mereka pada nyasar? Atau, karna si Udin bilang kalo datengnya jam sembilan-an aja?
Whatever lah. Mungkin karna resepsinya diadain malem minggu. Makanya, temen-temen sekolah gue baru pada dateng. (Maklum, temen sekolah gue kan! Gak semuanya jomblo).

Sekitar jam sepuluh. Hiburan dangdut yang ada di situ, udah kagak maen lagi.
“Eh, kok dandutnya udahan sih? Biling-nya udah habis kali yak?” tanya gue ke Fitri.
“Lu kira lagi di warnet..! Pake biling segala..!!” jawab Fitri.
“Run..! denger-denger, lu lagi doyan nulis yak?” tanya Wawan yang duduk di sebelah gue. Wawan ntu, salah satu temen SD gue.
“Iseng doank sih!” jawab gue sembari nyalain rokok, “Yah, kali aja ada penerbit apes yang mau nembusin tulisan gue!”
“Hahaha..! Tulisan lu mah, tembusnya ke penadah, run!!” celetuk Unggul, temen SD dan SMP gue.
“Curanmor kali ah!”

Lagi asyik-asyiknya ngobrol. Tiba-tiba, si Udin ikut nimbrung dan duduk disebelahnya Wawan. Padahal, sebagai seorang penganten. Seharusnya dia tetep stay di tempatnya. Tar kalo ada undangan yang dateng. Terus, dia-nya malah kabur-kaburan. Kan repot..!
“Ngapain lu di mari?” tanya gue ke Udin.
“Barok donk!” (Barok itu, artinya Bagi Rokok)
“Neh..!” gue ngasih sebatang rokok, “Tar kalo ada yang mau ngucapin selamat, gimana?” sambung gue.
“Biarin aja sih. Gue ini yang nikah. Ngapa lu yang repot!!” jawab Udin sembari nyalain rokok.
“Kampret..! Dikasih tau! Malah ngenges!”.

“Lu sakit, din?” tiba-tiba Unggul megang keningnya Udin. Habis itu, dia megang pantatnya sendiri. “Gak anget kok!” sambungnya.
“Gue cuma asem doank kok! Pada kepo amat sih!!” yang ditanya malah ngenges.
“Ya, kalo lu sakit. Gue bisa ngegantiin lu kok!” kata Unggul enteng.
“Wasit..!” gue teriak ke bininya Udin yang ada dipelaminan, “Ada pergantian pemain neh!!” timpal gue lagi.
Bininya Udin malah ketawa, terus teriak balik. “Kalo dia masih sanggup! Ya, SHANGGUPIN..!!”

“Pada gila lu!” kata Udin sambil nyilangin jari di jidat.
“Lu tuh yang gila!” gue nunjuk Udin, “Udah di doain, malah ngatain orang!”
“Gue balik ngedoain elu dah! Semoga, lu masih doyan sama cewek!”
“Kampret..! Doa macem apaan, coba?”
“Yang penting kan, niatnya! Lu masih doyan cewek kan?” tanya Udin.
“Boam lah!” jawab gue  gondok.

“Bay the way! Gak nyangka ya, si Udin nikah duluan?” Unggul ngebuka omongan.
“Iya nggul! Padahal, menurut perkiraan gue. Udin yang bakal nikah belakangan” sambung Fitri.
Ngedenger temen-temennya pada kaget, Idung Udin pun memanjang, “Makanya, jangan suka nyepelein orang. Terbukti kan sekarang!”
“Emang, guru lu sapa din? Gue ikut berguru juga deh!” Wawan ikut-ikutan nimbrung.
“Kampret! Murni neh! Gak maen gue yang begituan mah!” jawab Udin sewot.
“Hahaha.. Becanda, din!”

“Awalnya, gue juga kaget. Temen gue yang gak pernah deket sama cewek. Eh, tau-tau malah merid duluan!” gue nimpalin omongan Wawan, “tadinya gue kira, kalo mau liat bininya Udin. Kita harus cukur alis dulu! Hahaha!” sambung gue.
“Tenyom lu, run! Lu kata, bini gue makhluk halus?” Udin nimpa gue pake kacang.
“Hahaha!! Si Kirun ngomongnya brutal banget!” celetuk Fitri.
“Orang kayak dia mah, emang harus di gituin, Fit! Berani-beranian dia ngeduluin gue nikah!” gue bales nimpa kacang ke Udin.
Lagi asyik-asyiknya timpa-timpaan kacang sama Udin. Tiba-tiba, Wawan ikutan nimpa gue juga, “Makanya, run! Kalo nyari cewek tuh, harus kreatif! Cewek ulang tahun, malah lu kasih shampo sama odol. Pe’a..!!”
“Eh, ntar dulu dah!!  Itu kan, kado dari Kirun buat gue. Pas ulang tahun gue yang ke 15 dulu? Kok lu bisa tau sih, wan?” Fitri baru tersadar akan sesuatu.
“Hahahaha! Ya, gue tau lah!!  Bungkusin kadonya aja di rumah gue!” Wawan ketawa ngakak.
“Cie-cie.. Di kadoin sampo neh sama Kirun!” Ledek Unggul masang muka ngenges.
“Itu karna gue lagi bokek, om! Lagian gue bingung mau ngado apaan? Macem tuh anak suka maen boneka?” Gue ngebela diri, “Lu malah lebih parah, Wan! Bungkusnya doank gede! Isinya mah, cuma permen Sugus lima belas biji”.
“Kan susuai sama umurnya, om! Hahaha!!” bales Wawan simple.
“Udah ah! Yang nikahan si Udin, kenapa gue yang di cengin dah!”  celetuk Fitri.
“Hahahaha” temen-temen gue yang laen pada ketawa.

“Eh, maen tebak-tebakkan yuk! Udah lama neh!” gue mulai ngebuka omongan lagi.
“Boleh juga tuh!” sahut Udin.
“Gue mulai yak! Dengerin neh!” gue narik napas sebentar, “Ada mantan tiga, putus satu. Jadi tinggal berapa tuh?”
“Tinggal dua lah, run!!” jawab Wawan enteng.
“Salah, wan!” gue ketawa kecil.
“Wan.. Wan!! Masih mau aja lu, di kadalin sama Kirun. Dari soalnya aja, ada mantan tiga biji. Mana ada sisanya sih!” jelas Unggul dengan sorot mata menyakinkan.
Merasa dikatain bego. Wawan pun sewot, “Wah iya! Kampret lu, run!!”
“Hahahaha.. Lu aja yang gak merhatiin pertanyaan gue!” gue ketawa ngakak.

“Gantian, gue juga punya tebak-tebakkan neh!” Udin gak mau kalah.
“Apaan, din? Ngasih pertanyaannya yang bener!” ancem gue.
“Neh ya! Apa persamaannya, cowok homo sama cowok tulen?” tanya Udin.
“Hahaha..!! Udin.. udin! Anak kecil yang masih di kandungan juga tau! Klasik banget pertanyaan lu!” ledek Fitri.
“Lu tau gak? Persamaannya apa?” tanya Udin lagi.
“Udah deh! Gak usah, ada yang jawab. Mending ganti pertanyaan aja?” saran gue.
“Gak!! Lu pada harus jawab dulu. Baru bisa ganti pertanyaan!” Udin mulai sewot karna gak ada yang nanggepin tebak-tebakkannya.
“Hadeh!! Sama-sama gak make rok lah, din! Lu ngasih tebakan sih, kayak gitu!” jawab Fitri enteng.
“Hahaha..!! Maklum lah, fit! Namanya juga mau nikah. Fokusnya, cuma buat ntar malem doank!” celetuk gue.
“Hahaha!! Ntar malem, gue miscall-in terus dah! Biar lu gak bisa fokus, din!” Unggul nyahutin omongan gue.
Udin makin sewot ngedenger omongannya Unggul, “Boam..! gue bakal langsung matiin Hp gue. Gitu aja sih, kepo!”
“Gue mau bikin, rekaman video amatir : Cara pembuatan Anak, din! Buat tugas kuliah gue, din! Hahaha” jawab Unggul sambil ketawa.
“Boam.. Boam.. Boam!!” ketus Udin.

“Udah, nggul. Eh, gue juga punya tebak-tebakkan neh!” kata Fitri tiba-tiba, “Kuping, kuping apa yang bikin cewek bahagia?” tanyanya.
“Kuping cewek yang ditiup sama cowoknya!” jawab gue tanpa dosa.
“Hahaha. Itu mah, cowoknya aja yang nafsu, run!!” Wawan nimpalin omongan gue.
“Kuping gajah!” jawab Unggul tanpa ragu.
“Salah! Salah! Salah! Pada nyerah neh?” tanpa berdosa. Fitri mulai menyalahkan orang lain, “Eh, emang sejak kapan? Kuping gajah bisa bikin cewek bahagia? Pe’a dah!!” sambung Fitri.
“Hahaha.. Emang jawabannya apaan, fit?” secara tidak langsung. Unggul menyatakan kebodohannya sendiri.
“Pada nyerah kan?” tanya Fitri lagi.
“Iya, nyerah dah!” sahut gue angkat tangan.
“Kuping yang bikin cewek bahagia itu.. Kupingnang kau dengan bismillah. Hahaha!” Fitri ketawa ngakak.
“Kampret!! Maksa banget!! Hahaha!” sahut Udin.
Temen-temen gue yang laen juga pada ikutan ketawa. Bener-bener bikin malu dah! Lagi di tempat hajatan. Masih sempet-sempetnya aja, maen tebak-tebakkan. Bahkan sampe penganten prianya juga ikut-ikutan maen.
Ampun dah!

“Bro..! gua gak punya tebak-tebakkan neh!” Wawan ngebuka omongan lagi.
“Kalo lu gak punya? Ngapain juga, lu nyahut? Ngotor-ngotorin pendengaran gue aja! hahaha” sahut Unggul masang ngenges.
“Yeee.. Gue emang gak punya tebak-tebakkan. Tapi, gue punya pertanyaan neh!” bales Wawan lagi.
“Emang, lu mau nanya apaan dah?” tanya Fitri penasaran.
“Gue mau nanya sama lu pada neh!” Wawan mulai, “Type jodoh yang diharepin Kirun tuh, kayak gimana. Hayo!?” sambungnya.
“Kampret!! Ngapain lu bawa-bawa gue?” Jelas aja gue dongkol. Gak ada rokok yang dinyalain. Masa tiba-tiba bisa ada asap.
“Hahahaha.. Gue tau! Yang pasti, dia punya ekor!” jawab Unggul ngaco.
“Cat woman donk! Serem amat!” ketus gue makin dongkol.
“Lu yakin, doyan sama cewek?” tanya Udin meragukan kejantanan gue.
“Boleh diadu! Kalo ntar malem, lu butuh pemain pengganti. Gue siap kok!!” jawab gue polos.
Temen-temen gue pun pada ketawa ngakak ngedenger jawaban gue.

Tiba-tiba Unggul nyeletuk, “Kirun mah, sukanya sama cewek yang udah di sunat!” makin ngaco aja jawaban Unggul.
 “Lah, bukannya lu suka sama yang badannya jadi, run?” tanya Fitri ke gue.
“Makanya, si Kirun sukanya sama cowok-cowok  fitness. Gituu deh!! Hahaha” Udin nimpalin pertanyaannya Fitri sambil ketawa. Kontan aja, temen-temen gue yang laen pada ikutan ketawa.
“Hahaha… Lu semua benar. Tapi, Kirun lebih tertarik sama cowok-cowok tomboy!” tambah Wawan dengan tampang tanpa dosa.
“Kampret!! Kenapa cowok semua sih? Gue normal, bro!!” jawab gue sambil nunjukkin otot tangan kanan gue ke yang laen.
“Iya.. Lu normal di mata homo-homo laennya!” timpal Wawan makin ngaco.
“Boam lah! Terserah monyet aja!” bales gue gondok tingkat kecamatan.

Akibat gondok yang sangat-sangat. Gue pun berencana melanjutkan perjalanan menuju tujuan utama gue, yang tadi sempat tertunda. (makan).
Eh, baru aja berjalan dua langkah. Wawan malah ngeledek gue, “Mau kemana lu, run? Ngamplopin due rebu aja, mau balik modal..!” temen gue yang laen pun pada ketawa.
Untungnya, gue gak terprovokasi sama omongan brutal-nya si Wawan, “Kampret! Jujur amat tuh bocah!” gerutu gue.

Sesampainya di meja prasmanan (meja tempat makanan berkumpul). Hati gue berbunga-bunga, ngeliat makanan yang disajikan. Ada rendang. Ada ayam goreng. Telor balado, cah kangkung, sayur kentang. Bahkan, ada promag-nya juga. (Eh, yang terakhir. Kayaknya, itu bawaan gue dari rumah deh!).
Dan tanpa malu-malu. Gue pun mencomot hampir semua hidangan yang ada disitu. Sampe-sampe, gue bawa dua piring. Satu buat nasinya. Satu lagi buat lauknya. Hahahaha..!
Ittadakimasu.

Gue memilih buat makan jauh-jauh dari tempat ngumpulnya temen-temen gue. Gue emang type orang yang kagak mau diganggu, kalo lagi makan. Kalo gue makan ditempat temen-temen gue. Yang ada, ntar lauk gue malah bakalan cepet abis. (Kalo lagi makan, dibantuin temen tuh! Gak nikmat, broo!!).
Lagi asik-asiknya nelen rendang. Tiba-tiba pundak gue ditepok lagi sama seseorang.
“Kok lu malah dimari, run?” ternyata, itu si Udin.
“Terserah gue donk! Kepo banget sih lu!” ketus gue.
“Iya aja dah!” Udin duduk di sebelah gue, “Gue mau minta tolong neh, run!” sambungnya.
“Minta tolong apaan?” tanya gue dengan mulut masih penuh makanan.
“Gue bisikin aja dah!” Udin mendekatkan bibirnya ke kuping gue. (kok, gue malah jadi jijik ya?)

Belon sempet, tuh mulut menyampaikan suara ke kuping gue. Eh, si Udin malah teriak. “Buset..! Kuping lu pedes banget, run!”
“Berisik lu! Gue, gak tolongin neh!” ancem gue.
“Hehehehe” Udin ketawa ngenges, “Sori run. Gue serius neh!”
“Ogah ah!” gue naroh piring ke kolong bangku, ”Lu udah punya bini, din! Masa, mau serius sama gue? Gue masih doyan cewek, broo!!” kata gue lagi.
“Ini, soal yang kemaren! CACING..!!”
“Oh! Yang tempo hari ntu!”