Jumping Stone part 3

Jumping Stone part 3

Pernikahan memang suatu hal yang sakral dalam hidup manusia. Beberapa manusia beranggapan. Bahwa, pernikahan itu hanya sekali. Kita tak boleh sekalipun menyesalinya. Sebuah titik balik, yang diucapkan dengan rangkaian kalimat sederhana. Tapi, mempunyai kemampuan untuk merubah garis hidup seseorang.

Terkadang gue berpikir. Pernikahan seperti apakah, yang sesungguhnya diidamkan oleh setiap orang? Apakah harus dengan kemeriahan sepanjang malam? Atau mungkin, hanya dengan kesederhanaan?
Gue sendiri masih bingung. Seperti apakah, pernikahan gue nantinya?
Yah… Belum waktunya buat mikirin yang begituan. Kuliah gue aja, belon kelar-kelar. Lagian, masih banyak hal-hal yang pengen gue lakuin sebelum gue berkeluarga nanti. (padahal sih, karna belon ada yang mau! Hihihihi)

Gue juga kadang agak skeptis dengan mereka yang nikah buru-buru. (gampangnya, kawin muda gitu). Emang, dengan usia yang masih seumur jagung. Mereka udah mampu buat ngumpanin anak orang. Kalo gue kerja, terus cuma mampu beli motor sebiji doank mah! Mending gue mikir dua kali buat kawin muda.
Masa pacaran gue aja, paling lama itu satu setengah tahun. Itu juga putus nyambung. Nah, gimana kalo gue udah nikah nanti? Masa, gue baru nikah setahun. Terus langsung cerai? Gak lucu kan?

Tapi, pas gue denger si Udin cerita.Gue baru sadar. Pernikahan itu merupakan sebuah keputusan yang mudah. Saat pria melamar seorang wanita. Ia tak akan berpikir dua kali. Untuk menjadikan wanita tersebut, sebagai pasangan hidupnya. Begitupun dengan Udin.
Ketika ia menyatakan keinginannya untuk mempersunting Shinta (bininya). Ia tak perlu berpikir dua kali. Ia hanya perlu untuk memantapkan hatinya dan berkata pada diri sendiri, “Gue janji, bakal bikin dia bahagia”.

“Emang, lu pacaran udah berapa tahun sih?” tanya gue pas lagi istirahat masang tenda. Dua hari sebelum resepsi pernikahannya Udin.
“Belon sampe setahun, run! Baru enam bulan” jawab Udin.
“Buset..! Cepet amat. Lu yakin?” gue agak kaget juga ngedengernya.
“Hahahaha. Lu kaget kan?” Udin ketawa kecil, “Pasti, yakin lah!” sambungnya.
“Gue kira, lu udah setahun lebih? Maklum kalo gue kaget, lu sama gue kan jarang ngobrol kayak gini..!”
“Orang-orang pasti pada mikir. Karna, kecelakaan ya?”
“Gue gak mikir begitu kok!” dari awal, gue emang gak berpikiran kayak gitu.
“Terserah, orang mau bilang apa? Gue juga gak peduli..!” ketus Udin.

“Kalo boleh tau? Kok lu bisa yakin sama Shinta sih?” tanya gue penasaran.
“Ngapa lu nanya begitu?”
“Gue cuma penasaran aja. Seru aja, ngedengarnya!”
“Buat bahan di tulisan lu yak?” pancing Udin.
“Hehehehe..!” gue ketawa kecil. Tanda, nge-iya-in pertanyaan Udin.
“Gue ngedapetin Shinta. Butuh perjuangan juga loh, run!”
“Perjuangan gimana, maksudnya?” gue tambah penasaran.
“Waktu gue ngajak pacaran aja! Gue ditolak sama bini gue sampe tiga kali..!”
“Hah!! Serius lu?” gue kaget tapi sembari nahan tawa. (gimana dah tuh, expresi gue!)
“Pas ditolak yang terakhir kalinya. Dia malah pacaran sama orang lain. Gue sempet ragu tuh! Herannya, pas gue nyoba ke yang laen. Malah gak dapet chemistry-nya!”
“Bahasa lu, sok tinggi..!” sambil nenggak teh  manis yang udah disediain, “Terus?”
“Yah, mungkin dia emang jodoh gue! Makanya, dia gak kemana-mana!”

“Maksudnya gimana?” gara-gara penasaran. Gue sampe lupa, mau masang tenda lagi.
“Yah, waktu awal-awal dia punya pacar. Gue tetep silaturahmi sama dia” Udin nawarin rokok ke gue, “Selang tiga bulan. Gue loss contact sama dia!”
“Loss contact kenapa?” dengan senang hati, gue pun mencomot rokok yang ditawarin Udin.
“Gue mikir lah! Gue gak mau jadi perusak hubungan orang. Makanya, gue pasrah dan gak bakal ngejar-ngejar dia lagi”
“Terus? Kok lu bisa ketemu lagi?”
“Selang dua bulan, gue sama dia loss contact. Tiba-tiba dia sms gue!”
“SMS apaan?”
“Cuma nanyain kabar doank sih! Tapi, mulai dari situ. Gue sama dia berhubungan lagi” Udin ngisep rokoknya sebentar, “Cinta emang dateng tiba-tiba. Bahkan, ketika kita. Udah gak percaya lagi sama yang namanya cinta!” sambungnya sok bijak.

“Akhirnya, dia putus sama pacarnya. Terus, jadian sama lu. Gitu?” tebak gue.
“Iya.. Tapi, dia putus udah sebulan. Waktu gue sama dia, baru loss contact” jelas Udin membenarkan.
“Oh..!” gue ngerti maksud Udin, “Terus, kenapa lu kawin muda?” tanya gue lagi.
“Yah, dia udah sreg sama gue. Gue-nya juga gitu. Orangtua juga udah sama-sama sreg. Ngapain nunggu lama? Malah bikin dosa doank! Mending di halal-in sekalian!” jawab Udin enteng.
“Bener juga sih!” gue ngerti maksudnya.
“Yah, anggap aja. Ini sebagai jumping stone buat gue!”

“Jumping stone? Batu loncatan maksud lu?”
“Ya, begitulah! Lu tau kan, kehidupan gue kayak gimana?” Udin diem sebentar, “Semoga aja, pas udah berkeluarga nanti. Hidup gue bakal berubah!”
“Iya, gue tau. Mabok, tawuran, keluar-keluar malem, dan ngabisin duit orang tua kan?” tanya gue tanpa dosa.
“Kampret!! Brutal banget lu!” Udin sewot ke gue, “Makanya, gue harap pas udah berkeluarga nanti. Gue bisa lebih menyakinkan” mendadak Udin ngomong sok bijak.
“Maksud lu gimana dah?” tanya gue gak ngerti.
“Ntar, kalo lu udah mau married. Lu juga bakalan ngerti kok!”
“Ngeledek lu!”

“Beneran run! Ntar juga lu bakal ngerti. Kenapa ada istilah, jodoh tuh gak kemana? Terus, ada juga istilah sepasang bidadari surga!”
“Karna, gue belon mau married. Makanya, gue kagak ngarti..!!”
“Tapi, gue makasih banget ya run!” Udin ngalihin omongan.
“Makasih buat apaan?” tanya gue bingung.
“Kan, yang punya tenda itu.. Elu!”
“Eh, iya! Sama-sama, Din!”

“Makanya, gue mau! Pernikahan gue ini berkesan” Udin nyambung ke omongannya lagi (ini mah, bisa kelamaan di istirahatnya!).
“Maksud lu? Berkesan kayak gimana?” gue gak ngerti maksud omongannya Udin.
“Lu suruh dateng! si Sidik, Comuk, sama Wawan!” (Yang namanya disebutin itu, temen SMP gue dan Udin).
“Buat apaan?” gue makin gak ngerti maksudnya.
“Udah, lakuin aja! Sekalian, Wawan sama Comuk. Suruh bawa gitarnya! Sidik lu suruh bawa kahon. Lu bawa laptop, juga!”
“Buat apaan sih?”

***

Karna permintaan Udin yang tempo hari. Mau gak mau, gue malah jadi mondar-mandir kagak jelas. Nyari si Comuk lah. Nyari si Wawan lah. Kalo Sidik mah ketauan, paling dia lagi jagain meja prasmanan. (Takut keabisan kali..! Hehehe).

Jadi, si Udin mau bikin suasana nikahannya agak lebih ke anak mudaan. Makanya dia nyuruh si Wawan, Comuk, dan Sidik bawa alat musik. Nah, laptop gue buat dicolok ke speaker aktif. Terus, dia mau ngajak temen-temen dan bininya joget-joget. Dengan nyetel lagunya Bang Caesar. (Brilian juga, idenya!)
Setelah yang diminta Udin, udah gue kerjain. Gue langsung ngasih tau Udin.

Baru aja gue bilang ke dia. Gak lama, dia malah pergi dan naek ke panggung.
“Hello semua!” sapa Udin sambil megang mike, “Gue mau ngucapin terima kasih buat semua yang udah hadir. Terutama buat temen-temen dan tetangga yang ada disini” lanjut Udin.
Setelah dirasa, setelannya udah pas. Wawan, Comuk, sama Sidik ikutan naek ke atas panggung. Mereka pun, telah siap di posisi mereka masing-masing. Wawan dan Comuk megang gitar. Sidik megang kahon. (dipegang aja. Kagak dimaenin!)

“Gue seneng, banyak temen-temen yang udah nyempetin waktunya buat dateng ke nikahan gue! Gue gak tau harus bilang apa lagi..! Padahal gue cuma nikah doank! Tapi kenapa, pas lagi saat begini. Gue malah nginget masa-masa, waktu sekolah dulu”
Udin pun nengok sebentar ke Comuk. Kemudian ia ngelanjutin, “Untuk temen-temen yang udah sudi bertemen sama gue sampe sekarang. Gue harap! Kita akan tetap terus temenan! Sampai kapanpun dan dengan siapapun kita nantinya! Mau kita lagi di luar kota. Bahkan, luar negeri sekalipun!! Gue harap, kita tetep temenan” Udin menghela napas sejenak, ”Sekali lagi, gue mau ngucapin. TERIMA KASIH..!!”
Lalu, ia ngacungin jempolnya ke Comuk. Nanyain, apa mereka udah pada siap? Comuk pun bales ngacungin jempolnya. Gak lama kemudian, mereka maenin sebuah lagu yang udah gak asing lagi.


Baru saja berakhir..
Hujan di sore ini..
Menyisakan keajaiban..
Kilauan indahnya pelangi..

Tak pernah terlewatkan..
Dan tetap mengaguminya..
Kesempatan seperti ini..
Tak akan bisa dibeli..

Bersamamu, kuhabiskan waktu..
Senang bisa mengenal dirimu..
Rasanya semua, begitu sempurna..
Sayang untuk mengakhirinya..

Melawan keterbatasan..
Walau sedikit kemungkinan..
Takkan menyerah, untuk dihadapi..
Hingga sedih tak mau datang lagi..

Bersamamu, kuhabiskan waktu..
Senang bisa mengenal dirimu..
Rasanya semua, begitu sempurna..
Sayang untuk mengakhirinya..

Janganlah berganti..
Janganlah berganti..
Janganlah berganti..
Tetaplah seperti ini..

Ipank – Sahabat Kecil (Ost. Laskar Pelangi)


***Coming Soon  'Musang Community'